jump to navigation

I’ll reactivate my facebook account, why ? 31 Mei 2009

Posted by Sony in Sehari-hari.
trackback

saya sempat menjadi seorang yang anti facebook dengan berita-berita yang menyatakan facebook mendanai israel dalam perang gaza. sekarang saya akan kembali mengaktivasi account facebook saya. i’ll tell you why.

dulu sempat beredar kabar di banyak situs seperti berikut :

Fenomena facebook begitu gempar di Indonesia, sampai-sampai ada facebook dalam bahasa indonesia.
Tidak heran kalau di tahun 2008 facebook meraup keuntungan 300 juta dollar amerika karena lebih dari 140 juta user aktif di seluruh dunia dan 8,5 juta foto dimuat tiap harinya. Bagi yang belum tahu apa itu facebook bisa baca artikel ini. Facebook memberikan banyak kemudahan bagi kita, dari mulai menjalin relasi sampai cari uang dari facebook, baca juga artikel ini dan artikel ini. Tapi keuntungan yang sebanyak itu digunakan untukmembiayai perang di Gaza. Benarkah?

Fakta – fakta :

1. Facebook adalah milik Mark Zuckerberg, jika kita membaca artikel Mark Zuckerberg dalam bahasa indonesia tidak diketahui secara lengkap siapakah dia. Kalau kita membaca artikel tentang Mark Zuckerberg dalam bahasa inggris terdapat lengkap data diri si pembuat facebook ini.
2. Siapakah sebenarnya si pendiri sekaligus CEO facebook ini? Dia adalah mahasiswa harvard university dan aktif sebagai anggota Alpha Epsilon Pi. What is Alpha Epsilon Pi? baca artikel ini.
3. Alpha Epsilon Pi adalah seperti perkumpulan mahasiswa yahudi di amerika utara, yang mempunyai misi sebagai berikut, Alpha Epsilon Pi, the Jewish Fraternity of North America, was founded to provide opportunities for Jewish men seeking the best possible college and fraternity experience. We have maintained the integrity of our purpose by strengthening our ties to the Jewish community and serving as a link between high school and career. Alpha Epsilon Pi develops leadership for the North American Jewish community at a critical time in a young man’s life. Alpha Epsilon Pi’s role is to encourage the Jewish student to remain dedicated to Jewish ideals, values, and ethics and to prepare the student to be one of tomorrow’s leaders so that he may help himself, his family, his community, and his people. Yang intinya adalah sebagai tempat pengkaderan dan tempat mencari pemimpin baru bagi kaumnya, yaitu Yahudi.
4. Fakta ke-empat sampai artikel ini ditulis serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 600 palestinians.
5. Facebook mendapatkan keuntungan dari iklan yang dipasang, semakin banyak user dan pengunjung facebook senakin banyak pula penghasilnya.

Next research :
-Apakah hubungan Yahudi dengan Israel?
-Apakah benar sebagian pendapatan Mark Zuckerberg di sumbangkan untuk Alpha Epsilon Pi?
-Apakah Alpha Epsilon Pi berhubungan dengan pemerintah Israel?

Link :
– How To Delete Facebook Account?
– Daftar Produk AS yang diboikot oleh Para Ulama

[- http://www.wikipedia.org
http://www.infopalestina.com
http://www.aljazeera.net/english
http://amirkovic.wordpress.coml%5D

nah, di salah satu forum ada reply yang saya rasa sangat realistis, sehingga saya setuju dengannya. reply-nya sebagai berikut :

Facebook dan Perang Israel di Jalur Gaza

Belakangan ini cukup ramai di beberapa blog, milis, dan forum yang menyerukan tentang pemboikotan Facebook. Hal ini dipicu oleh isu yang menyatakan bahwa Facebook turut mendanai perang Israel atas Gaza baru-baru ini. Sebagai orang yang tidak pernah mau mendukung perang karena tidak akan pernah membawa kedamaian, pengguna Facebook, dan juga yang suka mengamat-amati tren di social networking website, informasi tersebut langsung membuat saya ingin mencari tahu kebenaran tentang isu tersebut.

Untuk klarifikasi isu tersebut, saya langsung saja mencari-cari informasi di pekarangan Om Google. Setelah beberapa lama mencari dan mencari, bukti konkrit tentang kebenaran isu tersebut belum saya temukan. Akhirnya, setelah memikir-mikir, mengingat-ingat dan berusaha mencerna informasi yang didapat, saya akhirnya sampai kepada kesimpulan-kesimpulan sebagai berikut:

1. Seperti yang saya sebut sebelumnya, tidak ada berita yang menyatakan kalau Facebook turut membiayai perang Israel. Menurut saya, investasi sekecil apapun untuk organisasi sebesar Facebook, apalagi yang berkaitan dengan perang Israel-Palestina, pasti buzznya udah terasa di mana-mana, apalagi di dunia perinternetan dan di media-media mainstream. Selain itu, hal ini pasti buruk untuk image mereka dan persiapan mereka untuk IPO (yang isunya direncanakan) pada tahun 2009.

Untuk informasi-informasi hangat yang berkaitan dengan perusahaan-perusahaan di Silicon Valley, web TechCrunch biasanya yang paling update. Isu yang bahkan oleh media mainstream belum cover, sering muncul pertama kali di web ini dan hasilnya selalu terpercaya (saya bukan orang TechCrunch, hanya penggemar:P). Otomatis saya juga berusaha mengorek informasi dari website ini. Saya mencari-cari berita di website ini dengan keywords “facebook fund israel war”, akan tetapi informasi seputar Facebook membiayai perang perang Israel tidak dapat saya temui.

Mungkin ada yang berpendapat kalau Facebook dan juga media-media mainstream Barat berusaha menutup-nutupi informasi seperti itu. Tapi kembali ke seperti yang saya katakan sebelumnya, belum ada bukti konkrit dan saya rasa media-media mainstream non-Barat seperti Al Jazeera pasti sudah mendengung-dengungkan isu tersebut.
–~~~~~~~~~~~~–

2. Saya berpendapat kalau kemungkinan isu ini dibuat oleh seseorang (orang-orang) atau institusi:
– Yang benar-benar benci terhadap Israel, dan karena bencinya udah diubun-ubun, semua yang berbau Israel pengen diboikot. Mungkin banyak yang belum tahu klo pendiri Facebook ini, Mark Zuckerberg, memang keturunan Jahudi, bahkan ikut fraternity Jahudi ketika kuliah di Harvard. Otomatis, Facebook juga sasaran boikot dengan latar belakang pemiliknya yang seperti itu.

Selain benci dengan Israel, hal-hal yang dekat dengan negara ini juga harus diboikot, misalnya produk-produk Amerika Serikat yang dianggap sebagai pendukung utama Israel. Alasan untuk memboikot Facebook yang juga buatan orang Amrik semakin bertambah.

Jika memang hendak memboikot, ada baiknya dilakukan secara totalitas. Jangan hanya satu produk saja korbannya dan pastinya boikot tersebut harus berdasar😀 .

– Yang kedua ini sangat berbau konspirasi dan pastinya belum tentu benar (versi saya pastinya ini). Isu ini bisa saja dinaikkan oleh situs-situs social bookmarking lainnya yang menjadi pesaing langsung Facebook dengan melakukan kampanye negatif. Pikiran ini muncul karena yang diminta untuk diboikot hanya Facebook, sementara situs social lainnya yang notabene pemiliknya juga rata-rata orang Amrik, seperti Friendster, Multiply, atau Myspace tidak kena isu ini.

Banyak alasan untuk menjatuhkan Facebook, termasuk karena semakin populernya situs ini. Saya sendiri juga merasakan kalau ada perubahan tren penggunaan Facebook yang mulai lebih banyak daripada situs-situs sejenis lainnya yang sudah mulai ditinggalkan (Ini belum pernah saya klarifikasi dengan melakukan survei, hanya berdasarkan pengamatan di lingkungan saya sendiri😀. Siapa tahu ada yang berminat untuk survei ini, silahkan, ditunggu hasilnya).

Hmmm….Selain itu, saya juga berpikir kenapa gak Google saja sekalian yang diisukan membiayai perang Israel? Khan pendirinya lebih banyak duit, dan masih keturunan Jahudi. Hehehe.

Selain pesaing dari sesama situs social bookmarking, pesaing langsung Facebook juga adalah website-website yang bergerak di bidang iklan online. Dengan pesan untuk tidak mengklik iklan pada Facebook, ini tentu mengurangi pendapatan Facebook dan juga menurunkan Click-Through-Rate (CTR), yang tentu saja indikasi buruk pada calon pengiklan. CTR itu perbandingan antara jumlah iklan yang diklik dengan jumlah berapa kali iklan tersebut dimunculkan. Semakin besar angkanya, berarti tingkat keberhasilan iklan semakin tinggi.

– Yang ketiga, isu ini bisa dinaikkan oleh orang-orang yang sangat terganggu dengan munculnya Facebook. Yang termasuk ke kelompok ini mungkin pemerhati sosial yang melihat dampak negatif Facebook ke masyarakat, khususnya anak-anak remaja. Kelompok ini bisa juga termasuk orangtua, guru, atau dosen yang prihatin melihat prilaku anak yang berhubungan dengan internet.

Cara-cara penyebaran isu seperti ini sebenarnya sudah lazim terjadi di dunia perinternetan. Tinggal membuat bahan isu kontroversial, cari target dan segmen yang bisa dipenetrasi, suntikkan isu tersebut, tunggu beberapa saat, pasti ramai (teknik viral marketing). Untung ada situs-situs seperti Snope yang berguna untuk klarifikasi isu-isu yang cenderung hoax.
–~~~~~~~~~~~~–

3. Orang yang mengirimkan isu ini sepertinya orang IT atau setidaknya mengerti dunia IT. Karena meliat cara-cara pemboikotan Facebook yang dianjurkan tersebut, si pelaku mengerti cara kerja aplikasi berbasis web, seperti Facebook. Dia mungkin ingin menggenerate sejenis Denial-of-service attack di Facebook.

Selain itu, saya juga menduga kalau yang menyebarkan isunya berasal dari Indonesia, karena saya baru mendapatkan isu ini dalam tulisan bahasa Indonesia dan ramainya baru di blog, milis, dan forum Indonesia (Ini asumsi doang, kecuali ntar saya menemukan versi bahasa yang non-Indonesia dan nemunya di blog, milis, atau forum non-Indonesia, berarti asumsi ini salah).

4. Mengenai isu Facebook membiayai perang Israel, saya rasa ini bisa juga karena salah persepsi. Seperti para FB’ers tahu, pengguna dapat membuat grup-grup yang tujuannya untuk mengakomodasi keinginan anggota-anggota grup tersebut. Dengan adanya perang antara Israel vs Palestina, maka otomomatis ada yang pro dan kontra. Di jaman teknologi sekarang ini, dengan tersedianya berbagai macam fasilitas social networking, layanan yang diberikan rganisasi seperti Facebook pastinya jadi salah satu pilihan [klik di sini]. Misalnya, para pendukung Israel membentuk grup di Facebook dan melakukan aktivitas-aktivitas misalnya seperti, mencari-cari dukungan dari orang lain, mengumpulkan dana seperti pada contoh berikut. Selain, itu ada juga pendukung Palestina yang melakukan hal seperti di sini. Jadi, salah persepsi yang saya maksudkan di sini, mungkin ada orang yang meliat kondisi ini di Facebook dan berpendapat bahwa Facebook membiayai perang Israel.

5. Facebook menurut saya sampai sekarang sama posisinya seperti radio, televisi, telepon. Dia itu berfungsi sebagai media komunikasi. Facebook pada dasarnya untuk mengakomodasi interaksi sosial di dunia maya, tapi anggotanya khan bermacam-macam dan dengan kepentingannya masing-masing. FYI, saya juga baru perhatikan kalau [8] itu sendiri merupakan aplikasi buatan eksternal Facebook.

Bukan mau belain Facebook, tapi sampai sekarang saya belum menemukan info dan bukti konkrit yang mengkonfirmasi isu tersebut. Ada baiknya menggunakan asas praduga tak bersalah. Sayang aja Facebook yang cukup berguna menurut saya (walau ada dampak negatifnya, tapi itu tergantung individu masing-masing Cheesy) kena isu seperti ini. Padahal khan bisa digunakan untuk membuat propaganda untuk menebarkan kedamaian atau menggalang dana untuk membantu korban.

Dan untuk mencegah Facebook disalahgunakan, lebih baik bikin petisi ke Facebook saja supaya grup-grup di Facebook yang ditujukan untuk menyebarkan kebencian tidak diperbolehkan ada, sekalian juga aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh eksternal Facebook supaya diseleksi lebih ketat. (Langkah ini setidaknya mengurangi media penyuara kebencian, karena tentu akan muncul media-media lain dengan tujuan yang sama:D).

Btw, penggunaan media online untuk “memeriahkan” perang Israel vs Palestina bukan hanya terjadi di Facebook saja. Web service seperti Digg.com juga digunakan, bahkan yang lagi ngetrend belakangan ini, Twitter.
–~~~~~~~~~~~~–

6. Ada teman yang bertanya apakah dengan boikot Facebook dengan mengupload file sebanyak-banyaknya ke Facebook akan mengacaukan layanan website tersebut? Saya menjawab dengan tentu saja, karena Facebook tepar kalau infrastruktur Facebook tidak sanggup mengakomodasi upload file secara massal dalam jumlah banyak. Kalau penasaran berapa pendapatan Facebook dan pengeluarannya untuk infrastrukturnya, info web ini mungkin bisa memberi kejelasan. (OOT, kira-kira sebesar apa ruang servernya ya?)

Kira-kira seperti ini tanggapan saya atas isu ini. Semua ini ditulis dari sudut pandang saya atas informasi yang saya dapat di Internet. Kalau agak-agak bias, harap maklum, namanya juga pendapat pribadi, pasti ada dari sisi “aku”-nya di tulisan ini.

Akhir kata, seperti lirik lagu karya Orkes Sinten Remen. Buatlah Cinta Jangan Perang.

http://www.forum.securehacklink.org/index.php?topic=200.0

kemudian tentang artikel yang ini (dari http://www.mediapost.com/publications/?fa=Articles.showArticle&art_aid=97567) :

Marketing and SEO Guru Joel Leyden is reaching out through search engine optimization and social media to help Jews and Christians express their support for the Israel Defense Force and Israeli civilians.

The Facebook forum, “I Support the Israel Defense Forces In Preventing Terror Attacks From Gaza”–created about three hours after the first strikes were made in Gaza–explains Israel’s position to the world, Leyden said. “The stickiness makes it a medium that lets people feel, rather than remain passive,” he said. “You can put messages in MySpace or Facebook, but it goes nowhere until you drive the content through search engines like Google News. Now you’re reaching 60 million people instantly.”

bla3 (saya potong karena kurang relevan)

Leyden, which owns the Israel News Agency, said his Facebook page pledges support for brave men and women in the Israel Defense Forces who by air, water and ground protect Israel’s democracy and sovereign borders. The site’s friend count quickly climbed from 3,232 members on Dec. 28 at 9 P.M. EST to nearly 17,000 members on midday on Dec. 30. A link to a video on Google’s YouTube also provides insight as to why the Israel Defense Forces confront Islamic terrorists in Gaza.

jika kita cermati kita akan menemukan bahwa artikel ini bukan menjelaskan facebook mendukung yahudi.

yang pertama adalah kalimat ini “Marketing and SEO Guru Joel Leyden is reaching out through search engine optimization and social media to help Jews and Christians express their support for the Israel Defense Force and Israeli civilians.” yang artinya sebagai berikut “Guru (master, orang yang berkompeten-red) SEO dan pemasaran Joel Leyden menggunakan optimisasi mesin pencari dan media sosial untuk membantu kaum yahudi dan kristiani menyatakan dukungannya terhadap tentara pertahanan israel dan penduduk israel”

kalimat ini menyatakan bahwa Joel Leyden-lah (bukan facebook) yang menggunakan mesin pencari dan media sosial untuk mendukung yahudi.

kemudian kalimat berikut “Leyden, which owns the Israel News Agency, said his Facebook page pledges support for brave men and women in the Israel Defense Forces who by air, water and ground protect Israel’s democracy and sovereign borders.” artinya adalah “Leyden, yang memiliki agensi berita israel, mengatakan halaman facebook-nya berjanji mendukung lelaki dan wanita pemberani dalam tentara pertahanan israel yang melindungi demokrasi dan batas berdaulat melalui udara, air, dan darat”

kalimat tersebut menyatakan halaman facebook milik Joey Leyden lah yang memberikan janji untuk mendukung israel, bukannya facebook itu sendiri.

kesimpulan :
– meskipun mark zuckerberg orang yahudi, tidak ada bukti konkrit dia mendanai israel
– yang mendukung israel melalui facebook adalah joey leyden (dalam artikel di atas) bukannya facebook itu sendiri

saya minta maaf kepada pihak2 anti facebook (terutama buana, peace^^v he2). ini adalah hasil pemikiran dan pencarian saya di google. saya rasa tidak perlu berpegang teguh pada kata-kata sendiri jika kata2 itu terbukti salah.

Komentar»

1. Zuchrivious - 31 Mei 2009

kowe lak cah akuntansi to, mbok yo dilacak laporan keuangan, aksi korporat, ro tatakelola korporat-e..😀

jangan gampang percaya gosip, fesbuk bikinan yahudi?
lawan ketidakadilan yahudi dengan fesbuk🙂

Sony HP - 31 Mei 2009

justru karena aku cah akuntansi dadi ra taklacak. nek aku cah TI wis takhack account e si mark zuckerberg kuwi njuk takgoleki dia transfer ke mana aja.

2. Azhari Mayondhika - 31 Mei 2009

wah speechless :O penjelasannya mantap bung😀 jangan lupa add FB saia😉 ketik nama: Azhari Mayondhika

3. auliaoon90 - 1 Juni 2009

wah,,mangstab mas penxpower ,ahahha. rasido tak omong plinplan
😀

jarene ono sing ngomong wordpress ki gaweane wong yahudi yoan lho!

hahaha..berarti blogmu dibusak wae mas!

gek et naku mas : Aulia Rahmawati tanpa k
selamat mendapat banyak teman dari FB
^^

4. Artha - 2 Juni 2009

wah… detail banget tuh pembahasannya

5. Darwinho - 5 Juni 2009

Iya ki. Dawa bgt ngomonge. Dadi g tak waca kabeh, hehehe…

6. wahyu kresna - 23 Juni 2009

wallhu’alam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: