jump to navigation

Review PES 2009 (PS2) by saya 2 November 2008

Posted by Sony in Reviews.
Tags:
trackback
PES 2009

PES 2009

Kamis tanggal 30 Oktober 2008 sebenarnya saya mau membeli game PES 2009. Sesampainya di toko langganan saya, saya segera mencari game tersebut. Sayang seribu sayang, game PES 2009 (yang versi PS2 lho) di toko itu sudah habis. Yang lebih menyakitkan hati adalah mbak2 yang jaga toko bilang kalau habisnya baru tadi. Uh, ya sudah, akhirnya saya membeli 2 game lain, yang satu adalah Star Ocean 3 Till the End of Time, game lawas yang ingin saya mainkan lagi, dan satunya lagi adalah FIFA 09 sebagai ganti PES 2009.

Setibanya di rumah saya mencoba game-game tersebut. Saya langsung mencoba FIFA 09 karena penasaran bagaimana FIFA sebenarnya. Kembali kesialan menghinggapi saya. Game FIFA 09 itu matjet di awal-awal, bahkan belum sampai main menunya. Saya putuskan untuk menukarkan game itu esok hari.

Esoknya, saya kembali ke toko itu untuk menukarkan game FIFA itu tadi. Beruntung sekali saya ternyata hari itu sudah ada stok baru PES 2009. Tentu saja game FIFA itu saya tukarkan dengan PES 2009. Beberapa saat kemudian saya mencoba game itu di rumah. Setelah beberapa kali bermain, inilah penilaian saya :

Graphic

Dari grafik game ini hanya sedikit sekali berubah dari seri sebelumnya. Perubahan yang paling terlihat (meskipun sebenarnya tidak terlalu terlihat) adalah bentuk tubuh pemain yang agak berubah dari PES 2008. Muka-muka pemain juga berubah sebagian, tapi bukan perubahan yang mengagumkan menurut saya karena dalam game-game PES editan biasanya muka-muka pemain sudah berubah dari versi aslinya.

Saat pertandingan, terlihat perubahan dalam gerakan-gerakan pemain. Gerakan-gerakan kini semakin mak nyuuuusss…..terutama kiper. Dalam game ini kiper bisa membuat hati berdesir melihat aksi mereka.

Menu dalam game ini cukup bagus. Main menu terkesan biasa saja, tak serevolusioner PES 2008. Submenu-submenu banyak yang masih sama, hanya diubah layoutnya sedikit. Untungnya Konami memberikan background yang bagus, style-nya mirip game-game Tony Hawk. Mengesankan bahwa sasarannya adalah anak muda. Sayangnya, beberapa bagian dari game masih menggunakan grafik dari PES 2008, sehingga jika diibaratkan komputer atau HP, theme-nya bercampur antara PES 2009 dan PES 2008.

Sound

Satu yang merupakan peningkatan adalah sound effect saat memilih menu-menu yang lebih halus, tidak seperti PES 2008 yang sfx nya mengganggu ketentraman (bunyinya cethink-cethink). Lagu-lagu yang mengiringi game ini sebagai BGM (background music juga relatif lebih keren dan lebih gaul daripada PES 2008 yang membosankan. Jeleknya, pada saat pertandingan komentator yang memandu pertandingan sama persis (!!!) dengan PES 2008, kecuali pada beberapa tambahan nama pemain saja.

Gameplay

Nah, ini dia bagian yang seru. Apalah arti sebuah game tanpa gameplay yang bagus. Dalam gameplay PES 2009, perubahan yang sangat terasa adalah dribel. Dribel pemain sekarang lebih sulit dari PES 2008 (atau belum biasa aja ya, ya ini subjektif sih…). Pemain mendribel bola lebih presisi, gerakan yang dikeluarkan lebih “kecil”, dan bola tidak mudah lepas seperti PES 2008. Di game ini, kecepatan pemain dalam mendribel bola akan menurun drastis. apalagi kalau memakai pemain yang speed dan dribble speednya lambat seperti Luca Toni, bakal mudah terkejar (kecuali kalau kecepatan yang ngejar memble). Shoot juga diperbaiki. Dalam hal ini adalah one-touch shooting atau yang lebih dikenal dengan tendangan first time. Tendangan first time dalam game ini menjadi sangat keren. Jika pada PES 2008 kekuatan tendangan akan meningkat secara dramatis jika menendang bola yang sempat lepas dari kaki karena di-“body” saat mendribel bola, sekarang first time juga bisa membuat tendangan menjadi lebih kuat dan juga lebih akurat. Jika menggunakan pemain yang punya bintang dalam one- touch pass dan shooting from distance sepert Aquilani, tendangan first time bisa menjadi senjata ampuh untuk menjebol gawang lawan.

Perubahan lain adalah kiper. Tidak seperti kiper yang memble pada PES 2008, kiper pada PES 2009 ini gerakannya bagus. Kiper-kiper berstatistik tinggi bisa sangat susah untuk ditaklukkan. Ini menunjukkan permasalahan menyangkut kiper di PES 2008 bisa diminimasi dengan baik oleh Konami selaku developer.

Modes

Saya mulai dari Edit mode. Edit mode dalam PES 2009 bisa dibilang paiiaaah…dibanding PES 2008 bukannya maningkat malah manurung. Sebagai tjontoh adalah editing parts untuk seragam tim di game ini sangatlah terbatas. PES 2008 membagi pengeditan baju dalam beberapa bagian seperti small part, medium part, dan big part. Dalam PES 2009 bagian-bagian itu dicumpar udak dan part untuk mengeditnya sedikit pula (>_<) mau bikin seragam Arsenal yang sederhana aja gak bisa, jadinya jelek… Pembuatan muka pemain melauli proses build face sama sekali tidak berubah (!!!) dari PES 2008. Kesimpulannya, Edit mode PES 2009 sangat mengecewakan.

Master League bisa dikatakan tidak berubah sama sekali. Bahkan, menunya juga sama persis. Hanya layoutnya berubah sedikit.

Mode World Tour juga masih ada di PES 2009, tapi saya gak bisa menilai sekarang karena belum saya coba, he3.

Mode baru yang menarik adalah Become A Legend. Dalam mode ini kita bisa membuat pemain sendiri lalu mengembangkannya. Jadi, pada awalnya kita disuruh memilih liga mana yang akan kita masuki. Lalu, kita bisa memilih posisi pemain kita itu (maksimal 3 posisi, selain bek dan kiper, bek dan kiper gak bisa dimainkan dalam mode ini). Terus kita disuruh membuat appearance pemain dan mengalokasikan maksimal 20 poin tambahan untuk statistik pemain kita. Setelah itu, kita akan bermain sebagai pemain buatan kita itu dalam pertandingan tim antah berantah 1 vs tim antah berantah 2. Setelah pertandingan berakhir kita akan mendapat tawaran bermain dari beberapa klub. Setelah memilih klub, barulah kita mulai berkarir dan mengembangkan karir kita. Yang seru, saat pertandingan sudut kamera yang dipakai adalah 2nd person, seperti game-game action adventure semisal Dynasty Warriors. Karenanya, pertandingan rasanya sangat realistis walau agak membingungkan. Sayang fps (frame per second) saat kita bermain jadi jelek dan permainan jadi terlihat agak patah-patah, tidak sehalus saat bermain biasa.

Itulah pendapat saya yang saya buat dalam bentuk review dari game PES 2009. Overall, game ini cukup asyik dimainkan karena gameplaynya sudah diperbaiki dari PES 2008. Tapi, bagi orang yang bukan penggemar berat seri Pro Evolution Soccer bisa cepat bosan memainkan game ini, terutama bagi yang sering memainkan PES 2008, karena hanya sedikit improvement yang dilakukan KONAMI.

GRAPHIC : 7.0

SOUND : 7.0

GAMEPLAY : 8.5

VALUE : 8.0

SCORE B

(sistem penilaian ini tiru-tiru majalah game tertentu (skor maksimal S), he2 ^^ btw, koq blogq isine dadi review terus yo, hmm, hmm…)

gambar : http://en.wikipedia.org/wiki/Image:PES_2009.jpg

Komentar»

1. *wanwan - 2 November 2008

kereeeeeeeeeennnnnnnn…..
versi pc dah rilis blm y??
gw hrus sewa!!!

2. Azhari Mayondhika - 3 November 2008

yang pasti graphis yg versi pc lebih maknyus😀

3. Deddy Anwari - 3 November 2008

Yang versi pc dah keluar,ada yg beda dengan ps2,di komputer ada liga championnya lisensi resmi,selebihnya sama aja.

4. hmcahyo - 5 November 2008

salam kenal juga😀

5. hmcahyo - 5 November 2008
6. Andre - 18 November 2008

Menurut gue fps gamenya payah, gue dah pke vga Galaxy 9600gt OC n Ram gue 2Ghz CPU E6300. Msh terlihat sedikit patah ketika long pas. Gue dah pke resolusi 1280×780 msh bgtu. Trims review n berbagi pengalaman juga dengan saya. Thxb4

7. Rhiyz Ryan - 11 Desember 2008

ayo ber-legends bro…
wakakakak…^^
aja lali di add ning blogroll mu ya??
hehe^^

8. gembelps - 8 April 2009

koq aku beli PES 2009 sama 09 cuma beda d sound music, keren cie keren cuma g bgt asyk ……

btw koq lagunya penyanyi indonesia cie???

9. gw getholoh - 13 April 2009

klo mo nyari lagu2 ato judul2 lagu bgm nya pes 2009 dimana yah??? soale klo liat di credits bnyk yg g cocok lagu ama judul,,,trims

Sony HP - 13 April 2009

cari aja di youtube terus diconvert ndiri. guwe punya yang bagus “the anderson shelter – do it again”

10. mbek - 29 April 2009

okeh mang sip tuh lagu,ane mampe goyang 2 pala

bagi suhu yang punya judul2 lagu dari pes 2009 tolong dunk ane minta listnya soale bagus2,…..

sebelumnya makasih ya suhu,…………

11. adut - 8 September 2009

kalo cara meningkatkam VRAM yang di settingnya gimana ya..? bisa ga..? sayang banget.., pengen maen.., tapi VRAM-nya kurang.. kasih solusinya donk..?


Tinggalkan Balasan

