jump to navigation

Apa benar sejarah ugm kaya gini ? 9 Agustus 2008

Posted by Sony in Yang serius-serius.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Tadi di salah satu sesi yang diisi dosen dari fakultas filsafat, diceritakan tentang sejarah UGM. Katanya…yujiyem (UGM) tu pecahannya UIIndonesia. Dulu yujiyem ini namanya Universitas Pancasila Negeri (po opo rodo lali / atau apa agak lupa🙂 ). Nah, terus univ.pancasila ini pecah lagi, UNY untuk yang kependidikan dan UGM untuk yang non kependidikan (meskipun sekarang UNY juga ada non kependidikannya).

Nah, tapi kan orang bilang UGM tu universitas paling tua di Indonesia. Lha kok di cerita tadi tuaan UIIndonesia ?❓❓❓

Komentar»

1. dzikrina - 10 Agustus 2008

walah,,,,hohoho,,,,,kok simpang siur gtu mas Penx hoho,,,,

2. azura - 10 Agustus 2008

setau saya ya penx… UII yg plg tua,, jd dlu tu UII namanya STI, yg berdiri d Jkrt pd bulan Juli th 1945 (duluan UII ya drpd kemerdekaan..wew…), nah, wkt ibu kota negara dipindah ke Jogja, UII jg hijrah ke Jogja… skrg UII dah berumur 63th,, sm kyk RI qt tercinta ini,, bs dilihat d webny UII,,
UGM tu berdiri th 1946 g sih?? saya bc di slh satu situs tp ra jelas penjelasanne, njlimet,,he…

3. Sony HP - 10 Agustus 2008

Wah, setelah dicari di search engine, ternyata memang simpang siur
(@_@)<( … )

4. dafitawon - 10 Agustus 2008

saya agak gimana gitu mendengar dan membaca tulisan ui indonesia … gak ada hubungannya dengan mbak azura lho … peace

penx coba klick ini: http://www.utamaalfaruqi.blogspot.com/

5. azura - 11 Agustus 2008

ya sudahlah,, biarkn ttp jd misteri,, jgn mis-lele, mis-hiu, (???) hehe…
@dafitawon
we. . . maksudnya mas dafi pripun? agk gmn gt tu gmn e? yg positif kan??
diblg g da hub m sy? uhm.. tp…
gmn pun jg itu univ yg sy t4i tuk mendpt ilmu… ^_^V (peace mas dafi…)

6. azhari - 11 Agustus 2008

lah Info yg ini baru aja kudapet dari dosen dari FIB UI, katanya. . . .
Univ Indonesia itu sebenarnya induk dari pt yg trsbar d indonesia.
adapulag itb itu sbnarnya sekolah teknik yg mrupakan bagian dari Univ. Indonesia,
trus UGM pecahan untuk pt yg khusus mngajarkan ilmu sosial pada awalnya,
lah terus yg mana yg bener???

7. furqonsatria - 11 Agustus 2008

Masa’ univ negeri pecahanny univ luar negeri?^^
kliatany nda mungkin ah
setau saya yg merupakan induk dari hampir semua univ besar di indonesia*kecuali ugm, ya Universitas Indonesia…
Dulu tuh universitas indonesia tersebar di kota2 besar di indonesia,tp akirny memisahkn diri yaitu
jakarta: tetep jd ui
bogor : ipb
bandung : itb
surabaya : unair
makasar : unhas
sumber : wikipedia
nah,ada yang aneh lagi,itb dulu pernah ada di jogja,tp namanya stt bandung di jogja *beneran,ada di buku sejarahny itb,bahkan itb pernah jadi fakultas tekniknya ugm,

8. ary - 12 Agustus 2008

hahahahhaaa,,,

si bapak itu dipercaya,,
hehe… ga tau seh,,

eh, ternyata bapak yang ngisi wawasan ugm kita kemaren itu pernah ngajar di FIB,, trus katanya beliau dikeluarin gara2 ngomong porno terus di kelas,,

temen ku juga ada anak filsafat,, dia bilang bapakke sa’jane edan,, eheheh

maen ke blog ku n kasih komentar donk!!

9. Sony HP - 13 Agustus 2008

@azura
mis-lele mis-hiu ki opo ?

@azhari
(@_@)<( … )

@furqonsatria
(@_@)<( … )

@ary
emang bapaknya aneh sih. Ry, blogmu tu di blogspot kan, kalo dikomen dari hape susah, padahal aq sering ngenet pake hape, jadi harap maklum, he3

10. alifahmi - 24 September 2008

kayake emang harus tanya sejarah dari orang yang benar deh..
coba tanya dosen fisika di mipa, lengkap deh sejarahnya

11. YoHang 07 - 25 September 2008

@alifahmi
memangnya dosen fisika di mipa orang yang benar? XP

12. Strife Leonhart - 1 Desember 2008

bukannya UII emang univ tertua di indonesia… dulunya bernama Sekolah Tinggi Islam di Jakarta,, trus pas dipindah ke Yogya ganti nama jadi Universitas Islam Indonesia

kalo soal asal mula UGM maaf saya kurang tau

CMIIW

13. Strife Leonhart - 1 Desember 2008

http://unisys.uii.ac.id/index.asp?u=100&b=I&v=3&id=1
http://jogjainfo.net/sejarah-dan-dinamika-uii.html

di bagian bawah ada disebut kalau UII pernah punya 22 cabang di berbagai kota dan akhirnya berubah menjadi universitas sendiri2 karena larangan pemerintah bagi universitas yg memiliki cabang2 dengan nama yg sama.. saya tidak tahu apakah ugm termasuk di antaranya (tidak disebutkan di situ)… wallahualam…

14. Strife Leonhart - 1 Desember 2008

kesimpulannya UGM memang kampus NEGERI tertua di Indonesia🙂
tapi kalau kampus tertua di Indonesia, itu UII…

15. Recent Links Tagged With "ugm" - JabberTags - 15 Desember 2008

[…] links >> ugm LOWONGAN BUMN TERBARU di PT. TELKOM 2008 Saved by shuntHCS on Tue 09-12-2008 Apa benar sejarah ugm kaya gini ? Saved by feaverish on Sat 29-11-2008 Making money with blog Saved by R2kittykats on Wed […]

16. masfer - 20 Februari 2009

Sejarah berdirinya UGM yang benar
silakan baca di :
http://www.ugm.ac.id/content.php?page=0&display=2

regards
masfer

17. Iwan Budi Santoso - 16 Juni 2009

UGM adalah universitas tertua
Sementara UII dulu masih bernama STI
Kalau mau lebih tua ya ITB liat aja tanggal berdirinya tahun 20-an

18. ARY Pristiansyah - 5 Juli 2009

Berdasarkan data yang didapat. ITB (Institut Teknologi Bandung) memang berdiri pada tahun 1920 dengan nama De Techniche Hoogeschool te Bandung, namun perguruan tinggi ini masih milik Belanda. Boleh dikatakan Belanda pada kala itu numpang di indonesia untuk membangun sekolah Teknik. Kemudian ITB baru resmi dimiliki indonesia pada tahun 1959. Sehingga dapat dikatakan ITB lahir di indonesia pada tahun 1959.
Kemudian kita melihat UGM (Universitas Gadjah Mada), berdasarkan sejarah yang terdapat pada situs resminya, UGM berdiri pada tahun 1949. Pada saat berdirinya, menurut Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949, fakultas-fakultas tersebut antara lain yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Hukum, serta Fakultas Sastra dan Filsafat.
Jika kita melihat sejarah UII (Universitas Islam Indonesia), pada mulanya UII berdiri di jakarta dengan nama STI pada tahun 1945, tepatnya pada tanggal 8 Juli. kemudian pada tahun 1947, nama STI diganti menjadi University Islam Indonesia, atau sekarang Universitas Islam Indonesia. Salah satu penyebab pindahnya STI (sekarang UII) ke Yogyakarta adalah karena seiring dipindahnya ibu kota indonesia ke Yogyakarta pada kala itu. UII pernah menjadi Universitas dengan fakultas terbanyak di Indonesia, yaitu sebanyak 22 fakultas, namun seiring dengan kebijaksanaan pemerintah bahwa cabang universitas harus ditiadakan, maka fakultas-fakultas tersebut dilebur, yang kemudian tumbuh sebagai perguruan tinggi baru (baik negeri ataupun swasta) atau tergabung dengan perguruan tinggi negeri yang telah ada. Secara tidak langsung UII mendorong tumbuh dan berkembangnya perguruan-perguruan tinggi di berbagai kota di Indonesia. Jadi jika kita melihatnya dari segi usia, berdasarkan runtutan sejarah, memang dapat disimpulkan bahwa Universitas Islam Indonesia (UII) adalah perguruan tinggi yang paling tua di Indonesia. Demikian sejarah yang diambil berdasarkan data-data yang real. semoga penjelasan tentang runtutan sejarah ini dapat menghilangkan kesimpangsiuran yang ada.

19. ARY Pristiansyah - 5 Juli 2009

Oia, ada tambahan satu lagi. Ada kemungkinan apa yang dikatan Dosen anda itu benar, memang dahulu UII ada 22 fakultas yang kemudian dilebur atau pecah menjadi perguruan tinggi lain seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya diatas. Sehingga dapat dimungkinkan sekali apa yang dikatakan oleh Dosen anda itu benar. Namun sampai sekarang saya belum menemukan daftar atau list nama-nama perguruan tinggi pecahan dari UII tersebut.

20. mbah dharmo - 6 Oktober 2009

simple aja napa, yang negeri ki paling tuwo UGM
nek swasta paling tuwo UII
nek sing tuwo absolut ki UII…hhehe

21. Marchaban - 24 Mei 2013

Setahu saya klo UGM yg dulu namanya UNGM (univ negeri gadjah mada) memang diresmikan tgl 19 desember 1949. tapi sebelumnya sudah ada pendidikan tinggi: hukum dan kesusasteraan di jogja, kedokteran di klaten, perguruan tinggi ahli obat di klaten, ST Teknik (pindahan dari Bandung) dll. sudah ada sejak tahun 1946. Lembaga-lembaga pendidikan tsb disatukan menjadi UNGM. Semua fakultas di UGM yg berasal dari Lembaga Pendidikan sebelum 1949 tsb mengambil tahun ultah nya sesuai dg lembaganya bukan tgl berdirinya UGM. Kebanyakan umur fakultasnya lebih tua dibanding univ nya

22. Jayne - 3 Januari 2015

Call me wind because I am abotulsely blown away.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: