jump to navigation

Ternyata bahasa Jawa itu susah juga ya… 23 Juli 2008

Posted by Sony in Sehari-hari.
trackback

Kemarin saya sama temen2 sketsa silaturahim ke tempatnya mbak Tanti (Tanti pa sapa kae mau) karena katanya bapaknya lagi sakit. Jam 17an kami bertolak dari pondokan KKN-nya mas Fauzul. Setelah melewati jalan dengan pemandangan yang uoke punya (kanan kiri sawah, hampir sunset) sampailah kami ke jalan kecil ke rumahnya mbak Tanti (pa sapa kae mau). Beberapa saat kemudian sampailah kami di rumah mbak Tanti (pa…) di sana kami disambut dengn ramah oleh kedua orang tua mbak Tanti (pa…). Mbak Tanti (pa…)-nya sendiri udah njemput kami di jalan kecil tadi boncengan sama Mbak Krida (hayoo…pasti ada yang udah pernah denger).

Trus, layaknya tamu yang biasanya, kami dipersilakan masuk dan disuguh the (sengaja salah ketik) manis dan klethikan2. Dan bapaknya mbak Tanti (pa…) yang katanya sakit malah ikut duduk di ruang tamu itu sambil ngobrol2 sama kami yang ikhwan. Begitu mulai pembicaraan belum begitu terasa, tapi beberapa saat kemudian (yaitu saat kami ditanyai dari mana asal kami) perasaan tidak enak itu mulai menggerayangi. Bapaknya pake bahasa…Krama ! Yaa bukannya gak bisa sih, tapi berbahasa Jawa Krama bagi saya tidak semudah membalik telapak tangan. Walau bisa ngemeng, tapi butuh mikir dulu beberapa saat. Pas giliran saya ditanyain, untung saya pas njawabnya pake kata2 yang bisa saya translate jadi bahasa krama. Fiuuuh,,, difficulty passed. Nah, habis itu saya trima meneng wae og. Paling cuma ngemeng2 ringan sama RZ yang duduknya di sebelah saya. Yang ngemeng2 seru sama bapaknya mbak Tanti (pa…) adalah Tyx. Wah, wis nggo basa Krama, de’e kuliahe nang TP neh. Cocok. Ngomongke taneman, palawija, ama, wis aku ra dhuong, trima meneng ae. Yaaa pokoknya gitu lah he3.

Ternyata basa Krama itu susye juge. Salut buat yang bisa berbahasa model2 “rinengga sumunaring surya…” he3…

Komentar»

1. dzikrina - 23 Juli 2008

yes pertama v^^

aq ga bisa basa jawa,,,lodinge sui mak

tapi pas aq dioper-oper bus jakarta-solo-jogja, mau ngga mau harus ngendika jawa, rupanya antar kernet dan penduduk pesisir jawa (halah!) basa jawa adalah bahasa nasional

fuih,,,

ada yang mo ngetes ? hehe….

2. azhari - 25 Juli 2008

iyo tu mah, ambo susah lah ba bahaso jawa tu. ba’a ko? ado kah kawan nan bisa mambantu ambo? mangecek jo bahaso jawa paralu katarampilan nan cakap manuruik ambo😀

3. azura - 28 Juli 2008

hehe… diriQ dulu bisa bahasa jawa, lumayan lah,, tapi semenjak di Yogyakarta malah aku g bisa bicara basa jawa(gara2 kebiasaan pke basa Indonesia), pasif gt jdnya, g bisa pke basa krama T-T hiks… pernah mpe kepikiran “wah, ada g ya kursus basa jawa? pengen” haha

4. Sony Haryo Prabowo - 28 Juli 2008

Aku malah di jogja jadi lebih bisa basa krama ^_^ tapi kalo di rumahnya mbak Tanti beda urusan T_T

5. findthailandhotels - 9 Maret 2011

I very glad to find this site on bing, just what I was searching for : D also bookmarked .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: