jump to navigation

SP ? Ana pa ?! 6 Juli 2008

Posted by Sony in Sehari-hari.
trackback

Kira-kira pertanyaan macam itu yang sering saya dengar kalo saya bilang saya sedang menempuh Semester Pendek (SP). Memang sih, di UGM hukumnya tidak boleh mengadakan SP. Tapi namanya manusia. Apalah artinya sebuah peraturan. Pada kenyataannya beberapa fakultas mengadkan “SP” meskipun formatnya berbeda dengan SP yang sebenarnya.


di tempat saya (Fakultas Ekonomika dan Bisnis) ada “SP” yang diberi nama Kegiatan Antar Semester (KAS). Di KAS para mahasiswa cuma boleh mengambil mata kuliah yang sudah pernah mereka jalani alias mengulang. Tidak diperbolehkan mengambil mata kuliah yang belum pernah diambil untuk mempercepat proses kuliah. Meskipun begitu tetap saja KAS ini memberikan kemudahan bagi para mahasiswa. Kami, mahasiswa peserta KAS, merasa terbantu karena adanya KAS ini bisa membuat kami tidak perlu mengulang di masa kuliah biasa. Dengan kata lain, sebenarnya kami bisa lulus lebih cepat juga daripada kalau tidak ada KAS. KAS ini menggunakan sistem layaknya kuliah biasa, hanya saja diakselerasikan. Maksudnya, kuliah yang harusnya 1 pertemuan per pekan jadi 2 pertemuan dan yang 2 pertemuan menjadi 4 pertemuan per pekan. Di KAS juga tetap ada UTS dan UAS seperti kuliah biasa. Nilai yang direkam untuk penghitungan IPK adalah nilai terbaik dari kuliah biasa atau kuliah KAS. Oh, ya, biaya KAS ini sama dengan kuliah biasa yaitu 60.000 / SKS minus SPP. Jatah maksimal 9 SKS. Bayar di muka😀

Itu tadi di FEB. Saat saya ngobrol-ngobrol dengan teman saya, saya jadi tahu ternyata ada juga “SP” dengan format yang lain lagi. Di sana menggunakan sistem remedi. Jadi, merka akan kuliah lagi selama 2 pekan. Saya kurang tau apa 2 pekan itu akan secara penuh diisi dengan kuliah atau kuliah hanya 2 pertemuan saja. Lalu, dari yang saya dengar, nilai dari remidi ini maksimal B, gak bisa A. Biayanya juga lebih murah. Hanya 30.000 / SKS.

Itu 2 contoh pemberlakuan “SP” d UGM. Sepertinya masih ada yang memberlakukan “SP” seperti 2 fakultas itu, tapi saya masih kurang tau detailnya. Jadi, saya posting 2 itu saja.

Komentar»

1. dzikrina - 12 Juli 2008

SP di kampusku ada, boleh ambil matku yg blom di ambil sebelumnya (mempercepat kuliah), tapi ya itu rebutan bo’

dan di tahun ajaran baru ini 08/09 gosipnya SP bakal ditiadakan, hohoho,,,sindahnya hidup

met SO deh Bang Penx


Tinggalkan Balasan

