jump to navigation

SAMKOK – BAB 2 -Perang Gerbang Hu Lao 2 Juli 2008

Posted by Sony in Samkok.
trackback

Meskipun Pemberontakan Serban Kuning telah berakhir, pemberontakan dari dalam Kekaisaran belum hilang. Akhirnya, Dong Zhuo dari Xi Liang mengambil keuntungan dari kebingungan di ibukota dan mengambil alih Kekaisaran dengan kekuatan militer yang dia miliki. Dari sini pemerintahan tirani Dong Zhuo dimulai.

Pemimpin-pemimpin daerah makin hari makin marah terhadap kekejaman dong Zhuo. Cao cao sampai pernah mencoba untuk membunuh Dong Zhuo dengan diam-diam, tapi dia gagal. Dia lalu melarikan diri ke kampung halamannya. Dari sana Cao Cao mengirim pesan kepada pemimpin-pemimpin daerah di seluruh negeri untuk membentuk kekuatan gabungan untuk menggulingkan Dong Zhuo dari kekuasaannya.

Pemimpin-pemimpin yang mempunyai nama besar, seperti Yuan Shao, Yuan Shu, dan Ma Teng semua menerima dan menyetujui pesan dari Cao Cao. Liu Bei, Guan Yu, dan Zhang Fei juga bergabung bersama dengan Gongsun Zan. Dengan demikian, terbentuklah Pasukan Gabungan untuk melawan Dong Zhui.

Pada 190 M, Pasukan Gabungan itu, dengan Yuan Shao sebagai komandan perang, bergerak menuju tempat Dong Zhuo berada di ibukota Luo Yang. Sun Jian, pemimpin pasukan terdepan, bergerak ke timur menuju Gerbang Si Shui.

Dong Zhuo menempatkan Hua Xiong untuk mempertahankan Gerbang Si Shui. sun Jian memenangkan pertempuran pertama. Namun, karena Yuan Shu tidak mengirim persediaan yang memadai untuk mereka, semangat juang tentara Sun Jian jatuh dan Hua Xiong kemudian menghancurkan mereka.

Hua Xiong menggunakan kesempatan yang dia dapatkan dari kemenangan untuk menyerang tempat perkemahan utama dari Pasukan Gabungan. Saat Hua Xiong mulai membantai sekelompok tentara dan perwira, Guan Yu menantangnya berduel. Tak lama kemudian, Guan Yu kembali ke perkemahan dengan membawa kepala Hua Xiong.

Mendengar, Hua Xiong telah gugur, Dong Zhuo menyiapkan barisan pertahanan baru di Gerbang Hu Lao. Pelindung gerbang itu tidak lain dan tidak bukan adalah Lu Bu. Pasukan Gabungan hampir tumbang dan Gongsun Zan hampir saja dibunuh kalau saja Zhang Fei tidak datang menyelamatkannya.

Zhang Fei bertarung dengan amarah yang luar biasa, tapi Lu Bu tidak tumbang. Kemudian datanglah Guan Yu bergabung bahu membahu dlam melawan Lu Bu. Namun, tetap saja, Lu Bu tidak menunjukkan tanda-tanda tumbang. Akhirnya Liu Bei ikut bergabung dalam melawan Lu Bu, membantu saudaranya, dan itulah saat di mana Lu Bu akhirnya menarik diri.

Setelah penarikan diri Lu Bu Dong Zhuo mundur ke Luo Yang. Di sana dia membuat Luo Yang untuk terbakar dengan sendirinya dan mulai melakukan eksodus massal ke ibukota barat Hang An bersama pengikutnya, juga dengan kaisar. Chang An kemudian menjadi markas operasi baru Dong Zhuo.

dengan demikian, Pasukan Gabungan meraih kemenangan dengan mundurnya Dong Zhuo dari Luo Yang. Dan saat Pasukan Gabungan memasuki ibukota, tak ada tanda-tanda musuh atau Kaisar Han. Mereka hanya bisa kembali ke daerah mereka masing-masing, di mana merka akan meneruskan perjuangan masing-masing.

Komentar»

1. darwinho - 3 Juli 2008

G donk……
Di film ke wae lah……

2. Sony Haryo Prabowo - 4 Juli 2008

nek ada filme yo jane pingin nonton. katanya ada yang maen Andy Lau tapi jelek. maen game e wae. apik og


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: