jump to navigation

SAMKOK – Prelude 27 Juni 2008

Posted by Sony in Samkok.
trackback

Liu Bei

Cao Cao

Sun Quan

Era Samkok atau Tiga Negara (traditional Chinese: ; simplified Chinese: ; pinyin: sānguó) adalah era di masa penghujung dinasti Han dan setelahnya di mana tanah daratan China terbagi menjadi 3 negara yang saling bermusuhan.

Yang pertama adalah Cao Wei, atau biasa dikenal dengan nama Wei. Didirikan pada 220 M oleh Cao Cao. Beribukota di Luo Yang. Raja terakhirnya adalah Cao Huan. Runtuh pada 265 M. Yang kedua adalah Dong Wu, atau biasa dikenal dengan nama Wu. Didirikan pada 222 M oleh Sun Quan. Beribukota di Jian Ye. Raja terakhirnya adalah Sun Hao. Runtuh pada 280 M. Yang ketiga adalah Shu Han, atau yang biasa dikenal dengan Shu. Didirikan pada 221 oleh Liu Bei. Beribukota di Cheng Du. Raja terakhirnya adalah Liu Chan. Runtuh pada 263 M.

Pada awalnya cerita tentang tokoh-tokoh heroik era samkok diceritakan dari mulut ke mulut. Dalam cerita-cerita ini biasanya tokoh-tokoh samkok menjadi sangat kuat, seringkali meraka diceritakan abadi dan mempunyai kekuatan magis yang hebat.

Usaha pertama untuk mengumpulkan cerita-cerita ini ke dalam tulisan adalah Sanguozhi Pinghua (三國誌評話,三国志评话; Sānguózhì Pínghuà) atau “Cerita Tiga Negara”. Diterbitkan antara 1321 dan 1323 (suatu waktu di antara 1321 dan 1323 bukan diterbitkan secara berkala). Versi ini memadukan antara legenda, sihir, dan moralitas. Hal-hal seperti reinkarnasi dan karma juga ditulis di sini.

Literatur yang kemudian menjadi terkenal adalah Romance of the Three Kingdoms (traditional Chinese: 三國演義; simplified Chinese: 三国演义; pinyin: sānguó yǎnyì)[1]. Ditulis oleh Luo Guanzhong antara 1300 dan 1400. Luo memadukan catatan-catatan sejarah dengan bakat menulisnya yang luar biasa untuk menghasilkan tulisan sebanyak 24 volume. Pada waktu rezim Kangxi pada masa Dinasti Qing, Mao Zonggang (毛宗岗) membuat perubahan yang berarti hingga tulisan ini menjadi 120 bab. Versi Mao Zonggang ini adalah yang biasa dibaca saat ini.

Cerita samkok juga diadaptasi menjadi beberapa buah komik/manga di Jepang. Namun, keakuratan ceritanya tidak terjamin. Yang banyak dibaca di Jepang adalah Sangokushi (bahasa Jepang untuk “Tiga Negara”) oleh Yokoyama Mitsuteru , Soten Koro oleh King Gonta, Ryuroden oleh Yoshito Yamahara, dan Tenchi o Kurau oleh Motomiya Hiroshi.

Cerita-cerita yang Insya 4WI akan saya bawakan pada posting-posting saya berikutnya tidak saya ambil dari literatur-literatur tersebut, tapi dari sebuah game😀 yang saya sedang suka memainkannya. Game ini berjudul “Dynasty Warriors 5”. Di menu utama game ini selain menu standar seperti options, juga ada menu encyclopedia. Menu ini menyediakan cerita tentang apa yang terjadi dalam game ini. Cerita dalam menu inilah yang saya translasi menjadi Bahasa Indonesia untuk diposting ke blog ini.


Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: