jump to navigation

The Big Five Personality Traits 24 Juni 2008

Posted by Sony in Yang serius-serius.
trackback

Kita dapat mengatakan kepribadian seseorang terbentuk dari 5 aspek. Saya tulis pakai bahasa Inggris aja soalnya agak susah ditranslasi ke bahasa Indonesia.

1. Extraversion

Kecenderungan untuk mengalami emosi yang positif dan “good mood”, serta merasakan hal baik tentang orang lain.

Tinggi : lebih mudah bersosialisasi, ramah, bersahabat (biasa disebut ekstrovert)

Rendah : cenderung tidak menyukai interaksi sosial dan kurang mempunyai harapan/pandangan yang positif (biasa disebut introvert)

2. Negative Affectivity

Kecenderungan untuk mengalami emosi negatif dan “bad mood”, rasa susah/menderita, dan menjadi kritis terhadap seseorang.

Tinggi : sering marah-marah, tidak puas, dan memberi komplain terhadap pekerjaan seseorang

Rendah : jarang mengalami emosi negatif dan “bad Mood”, lebih optimistis, dan kurang kritis terhadap dirinya sendiri maupun orang lain

3. Agreeableness

Kecenderungan untuk akrab dengan orang lain

Tinggi : menyenangkan, cenderung penuh kasih sayang, peduli kepada orang lain

Rendah : sulit percaya pada orang lain, tidak simpati, tidak kooperatif, dan sewaktu-waktu bermusuhan

4. Conscientiousness

Kecenderungan untuk berbuat hati-hati, cermat, dan tekun

Tinggi : teratur dan berdisiplin tinggi

Rendah : kadang-kadang tampak kehilangan arah dan kedisiplinan

5. Opennes to Experience

Kecenderungan untuk menjadi “original”, mempunyai banyak ketertarikan dan dorongan, dan berani mengambil resiko.

Tinggi : berani mengambil resiko dan inovatif dalam membuat rencana dan mengambil keputusan

Rendah : kurang berani mengambil resiko dan lebih konservatif (kolot) dalam membuat rencana dan mengambil keputusan

Tes untuk Mengukur Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, dan Opennes to Experience[1]

Penilaian

1 = sangat tidak akurat

2 = tidak akurat

3 = antara akurat dan tidak akurat (tidak keduanya)

4 = akurat

5 = sangat akurat

Skor

1 = 1

2 = 2

3 = 3

4 = 4

5 = 5

Untuk soal-soal bertanda * skor seperti di bawah ini

1 = 5

2 = 4

3 = 3

4 = 2

5 = 1

Saya…

1. Tertarik pada orang lain

2. Mempunyai perbendaharaan kata yang luas

3. Selalu siap

4. Tidak terlalu tertarik pada orang lain*

5. Meninggalkan barang-barang milik saya semaunya*

6. Adalah nyawa dari sebuah pesta

7. Kesulitan untuk memahami ide-ide abstrak*

8. Simpati dengan perasaan orang lain

9. Tidak bicara banyak*

10. Memberi perhatian pada detil-detil

11. Mempunyai imajinasi yang jelas/gamblang

12. Suka mengganggu/menjahili orang*

13. Suka membuat berantakan*

14. Merasa nyaman di sekeliling orang-orang

15. Tidak tertarik pada ide-ide abstrak*

16. Mempunyai hati yang lembut

17. Menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin

18. Suka untuk berada di balik layar*

19. Mempunyai ide-ide cemerlang

20. Memulai pembicaraan

21. Tidak tertarik pada masalah orang lain*

22. Sering lupa untuk meletakkan barang pada tempat yang semestinya*

23. Hanya mempunyai sedikit hal untuk dikatakan*

24. Tidak mempunyai imajinasi yang bagus*

25. Menggunakan waktu untuk orang lain

26. Menyukai perintah

27. Berbicara banyak pada beberapa orang pada suatu pesta

28. Cepat paham tentang sesuatu

29. Merasa sedikit saja khawatir atau prihatin pada orang lain*

30. Melalaikan kewajiban*

31. Tidak suka cari perhatian*

32. Menggunakan kata-kata sulit

33. Merasakan emosi orang lain

34. Mengikuti jadwal

35. Menghabiskan waktu berpikir kembali, merefleksikan hal-hal

36. Tidak keberatan menjadi pusat perhatian

37. Membuat orang lain merasa nyaman

38. Sangat teknis dalam mengerjakan sesuatu

39. Diam saja saat berada di antara orang-orang yang tidak saya kenal*

40. Penuh dengan ide

Jumlahkan semua skor yang didapat (SKOR bukan penilaian)

Extraversion = jumlahkan skor nomor 6, 9, 14, 18, 20, 23, 27, 31, 36, 39

Agreeableness = jumlahkan skor nomor 1, 4, 8, 12, 16, 21, 25, 29, 33, 37

Conscientiousness = jumlahkan skor nomor 3, 5, 10, 13, 17, 22, 26, 30, 34, 38

Opennes to experience = jumlahkan skor nomor 2, 7, 11, 15, 19, 24, 28, 32, 35, 40

Tes untuk Mengukur Negative Affictivity[2]

Di bawah ini terdapat beberapa pernyataan yang bisa digunakan seseorang untuk mendeskripsikan sikap, opini, ketertarikan, dan karakteristik lainnya. Jika suatu pernyataan cocok atau sangat cocok beri tanda “ T ” dan jika suatu pernyataan salah atau sangat salah beri tanda “ F “

Jawab setiap pernyataan walaupun anda mungkin tidak begitu yakin dengan jawabannya. Baca tiap pernyataan dengan hati-hati, tapi jangan menghabiskan waktu terlalu lama dalam menentukan jawaban.

1. Saya sering khawatir tentang sesuatu

2. Perasaan saya cukup mudah terluka

3. Saya sering terganggu dari gangguan-gangguan kecil

4. Saya sering merasa nervous

5. Mood saya sering naik dan turun

6. Saya kadang-kadang merasa sedih tanpa alasan yang jelas

7. Saya sering merasakan emosi yang kuat –gelisah, marah- tanpa alasan yang jelas

8. Saya dengan mudah terkejut dengan hal-hal yang terjadi tanpa disangka-sangka

9. Saya kadang-kadang merasa tegang memikirkan kegiatan-kegiatan hari ini

10. Saya kadang-kadang sangat terganggu dengan kemunduran kecil

11. Saya sering tidur dalam kegelisahan saya

12. Ada beberapa hari saat saya selalu merasa “di ujung tanduk”

13. Saya terlalu sensitif untuk kebaikan saya sendiri

14. Saya kadang-kadang berubah dari senang ke sedih atau sebaliknya tanpa alasan yang jelas

Tingkat Negative Affectivity adalah jumlah jawaban “ T “

Saya udah nyoba sendiri dan hasilnya…

Extraversion = 16

Agreeableness = 25

Conscientiousness = 25

Opennes to Experience = 29

Dari total skor 50 untuk masing-masing aspek

Dan untuk tes Negative Affectivity

Jawaban “ T “ saya berjumlah 4 dari total skor 14

Hmmm… jadi kira-kira beginilah saya. Kalau tertarik teman-teman juga bisa nyoba-nyoba tes-tes ini. dijamin Insya Allah akurat, yaa tapi berapa persen kurang tau😀 y coba aja deh, daripada penasaran kaya saya.



[1] Lewis R. Goldberg, Oregon Research Institute, http ://ipip.ori.org/ipip/ (ditranslasi ke bahasa Indonesia)

[2] Auke Tellegen, Brief Manual for The Differential Personality Questionnaire (ditranslasi ke bahasa Indonesia)

Komentar»

1. wahyukresna - 24 Juni 2008

mumet Penk., itung dewe lah… -.-“

2. novrian - 25 Juni 2008

tjapai daaaaaah….

3. YoHang 07 - 25 Juni 2008

Ah mumet😛

4. dzikrina - 26 Juni 2008

hedeh,,,,itungke

>.<

5. Sony Haryo Prabowo - 26 Juni 2008

Mumet ? Kamplengin aja…

6. azharimd - 26 Juni 2008

wah suwi ngitunge peng, ra nggowo kakulator barang, ki loh billing nang hp ku saya akeh wektune, +larang nuh, hehehe:D
Oh, ya kunjungi blog saya ya di http://azharimd.wordpress.com , add aku ya di blogrollmu^^ terimakasih.

7. darwinho - 1 Juli 2008

Etungke wae lah…..
^o^

8. Sony Haryo Prabowo - 1 Juli 2008

haduh, iki cah kulaih pada malez ngitung,,

9. azura - 11 Juli 2008

hwaaa… stlh menghitung sdemikian rupa, aq kok merasa g aq bgt y hasilny?? ap aq yg slh itung y? entahlah..
extra..= 26
agree..=38
consc..=38
openn..=37
yg aq merasa bnr2 aq bgt tu yg negative affectivity.. hehehe… byk yg T😛 maaf ya tmn2 klo q srg bad mood.. or moody..
tapi aq baik kok..(haha.. ngarep.. :p)
^-^V jgn “takut” temenan m aq ya..

10. Sony Haryo Prabowo - 11 Juli 2008

akhirnya ada juga yang mau ngitung dhewek…

lha emange dapet berapa, fa ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: