jump to navigation

Cara ACER Merajai Pasar Laptop 30 April 2008

Posted by Sony in Yang serius-serius.
trackback

Acer merupakan produsen laptop yang merajai pasar selama 3 tahun berturut-turut dari 2005 sampai 2007. Di balik kesuksesannya tentulah ACER mempunyai strategi bisnis tertentu.

Acer melakukan upaya pemasaran dengan intensif. Di antaranya, promo-promo seperti “Tabrak Rejeki” dan “Gila-Gilaan” digelar pada tahun 2006. Acer memberikan hadiah uang tunai 10 juta dan grand prize Toyota Camry untuk setiap pembelian produk Acer. Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan Allianz untuk program asuransi yang bernama All Risk Protection Program.

Acer juga memasarkan produknya dengan iklan. Pilihan utama Acer adalah media cetak dan media luar ruang karena iklan TV dinilai kurang cocok bagi produknya. Acer mengerjakan materi promosi tersebut di Indonesia karena Acer percaya bahwa orang-orang local jauh lebih mengenal karakteristik pasar di negaranya.

Faktor lain melejitnya Acer adalah konsep bisnis Channel Business Model yang membuat Acer sangat mendukung pemasoknya. Acer juga focus pada supply channel management serta riset dan pengembangan.

Acer merespons dengan cepat saat intel meluncurkan produk baru dengan meluncurkan produk baru juga, karenanya Acer disebut refresh technology. Acer juga bisa membuat perkiraan produksi barang yang akan dilempar ke pasar berdasarkan pengalaman yang dimiliki. Biasanya saaat Acer meluncurkan produk baru, produk lama sudah habis diserap pasar. Selain itu, Acer juga memperhatikan desain selain unsur teknologi.

Cara Acer untuk mengetahui kebutuhan dan keingingan konsumen adalah dengan cara riset. Mereka bahkan memasang slogan “Acer Understands” yang maksudnya Acer mengerti kebutuhan dan keinginan konsumen. Kunci sukses Acer yang lain adalah kecepatan dalam mengadopsi teknologi terkini yang bisa menancapkan image bahwa Acer adalah pionir dalam hal teknologi. Selain itu, Acer juga sangat gencar melakukan program komunikasi baik Above The Line (ATL) maupun Below The Line (BTL). Acer juga punya program yang lebih terarah dalam membelanjakan bujetnya. Dari segi harga Acer memberikan harga yang affordable bagi konsumen. Tidak murah, tetapi nilai yang didapat konsumen sangat tinggi jika dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Selain itu, jika harga yang ditawarkan terlalu murah, citranya akan cenderung rendah. Acer mengincar seluruh segmen dengan rentang harga yang luas dari Rp 5 jutaan hingga Rp 20 jutaan.

Kunci lainnya adalah kemampuan Acer dalam mengembangkan jaringan. Channel pemasaran terus ditambah. Namun, distribusi dan penjualan produk diserahkan sepenuhnya dilakukan oleh mitra bisnisnya agar tidak terjadi conflict of interest. Acer berusaha menjaga hubungan harmonis dengan channel-channelnya karena trade memgang peranan yang sangat penting. Channel dididik sangat radikal dengan imbalan yang cukup lumayan. Belum ada produsen lain yang program komunikasinya setajam Acer.

Komentar»

1. YoHang 07 - 3 Mei 2008

Nek nama baik/nama yang mendunia itu jenenge opo peng, Good Will? Nah, nampaknya Acer sukses kampanye good will itu. Laptop bagus dan murah, adalah Acer. Toshiba kan bagus dan tahan banting, tapi sayang mahal. Acer mampu menjawab itu. Merk Acer lebih dikenal baik daripada merek2 lain juga yang mereka berani jauh lebih murah. Tapi sekali lagi, Acer sukses ‘menengahi’ antara harga dan kualitas. Good article.

2. Dzikrina - 5 Mei 2008

Acer punyae sapa to?

3. alex - 17 Agustus 2008

4 thumbs up 4 acer..stnding applause!!
gw beli laptop aspire series tidak mengecewekan…murah tp tida murahan

4. Umar - 14 Juni 2009

dalam rangk memperingati 17 agustus…ada program gratisan nich…dapat 2 laptop gratis acer, advan, 100 usb 4 GB, 10 USB 8 GB, dan modem…proling…

5. ranto simanungkalit - 8 November 2009

hy Umar. mank benar ya, mank kpn dan 17 agustus kapan…..,

6. pahri - 7 Agustus 2012

Harga yang menjadi prioritas rakyat menegan kebawah ini mas berrow,,,,,saya sangat setuju dengan tulisan agan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: