jump to navigation

Berbagai Kebijakan Pemerintah dalam Perekonomian Indonesia 20 Februari 2009

Posted by Sony in Sehari-hari.
Tags: , , , , , ,
trackback

11874427jika kita berbicara tentang perekonomian Indonesia, yang akan terpikir di benak kita adalah tentang kondisi dan keadaan ekonomi di Indonesia. Kondisi perekonomian Indonesia dapat diukur dengan menggunakan beberapa indikator, misalnya pendapatan nasional dan Produk Domestik Bruto (PDB). pendapatan nasional dan PDB yang tinggi menandakan kondisi perekonomian suatu negara sedang bergairah.

pemerintah mempunyai berbagai kebijakan untuk menjaga atau memperbaiki kualitas perekonomian Indonesia.

yang pertama adalah kebijakan fiskal. kebijakan fiskal merupakan kebijakan yang berkaitan dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

kebijakan fiskal mempunyai berbagai bentuk. salah satu bentuk kebijakan fiskal yang sedang marak adalah BLT. banyak orang melihat BLT hanya bantuan kepada orang yang kurang mampu. sebenarnya di balik itu ada tujuan khusus dari pemerintah. BLT diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat. dengan meningkatnya pendapatan masyarakat, daya beli masyarakat juga meningkat. dengan demikian permintaan dari masyarakat juga meningkat. meningkatnya permintaan dari masyarakat akan mendorong produksi yang pada akhirnya akan memperbaiki kondisi perekonomian Indonesia.

contoh lain dari kebijakan fiskal adalah proyek-proyek yang diadakan oleh pemerintah. katakanlah pemerintah mengadakan proyek membangun jalan raya. dalam proyek ini pemerintah membutuhkan buruh dan pekerja lain untuk menyelesaikannya. dengan kata lain proyek ini menyerap SDM sebagai tenaga kerja. hal ini membuat pendapatan orang yang bekerja di situ bertambah. dengan bertambahnya pendapatan mereka akan terjadi efek yang sama dengan BLT tadi.

kebijakan fiskal juga dapat berupa kostumisasi APBN oleh pemerintah. misalnya dengan deficit financing. defcit financing adalah anggaran dengan menetapkan pengeluaran > penerimaan. deficit financing dapat dilakukan dengan berbagai cara. dahulu pemerintahan Bung Karno pernah menerapkannya dengan cara memperbanyak utang dengan meminjam dari Bank Indonesia. yang terjadi kemudian adalah inflasi besar-besaran (hyper inflation) karena uang yang beredar di masyarakat sangat banyak. untuk menutup anggaran yang defisit dipinjamlah uang dari rakyat. sayangnya, rakyat tidak mempunyai cukup uang untuk memberi pinjaman pada pemerintah. akhirnya, pemerintah terpaksa meminjam uang dari luar negeri.

tidak hanya Indonesia, tetapi Amerika Serikat juga pernah menerapkan deficit financing dengan mengadakan suatu proyek. proyek tersebut adalah normalisasi sungan Mississipi dengan nama Tenesse Valley Project. proyek ini dimaksudkan agar tidak terjadi banjir. proyek ini adalah contoh proyek yang menerapkan prinsip padat karya. dengan adanya proyek ini pengeluaran pemerintah memang bertambah, tetapi pendapatan masyarakat juga naik. pada akhirnya hal ini akan mendorong kegiatan ekonomi agar menjadi bergairah.

mari kita mengingat sedikit kejadian pada akhir tahun 1997 saat terjadi krisis moneter di Indonesia. pada saat itu nasabah berduyun-duyun mengambil uang di bank (fenomena bank rush) karena takut bank tidak mempunyai dana yang cukup untuk mengembalikan tabungan mereka. untuk mengatasi masalah ini bank-bank umum diberi pinjaman dari Bank Indonesia yang disebut Bantuan Langsung Bank Indonesia (BLBI).

pada saat itu memang seluruh tabungan dijamin oleh pemerintah, maka dari itu pemerintah juga harus mengambil tindakan saat terjadi fenomena tadi.

seharusnya saat suatu perusahaan (termasuk bank umum) kekurangan modal pemilik harus menambah modalnya pada perusahaan tersebut. ini berlaku pada umum dan pemerintah. jika pemerintah kekurangan dana, pemerintah bisa menambah dana dengan menjual saham yang dimiliki pemerintah. perlu diingat, ada beberapa perusahaan yang sahamnya dimiliki pemerintah.

kebijakan yang kedua adalah kebijakan moneter. kebijakan moneter adalah kebijakan dengan sasaran mempengaruhi jumlah uang yang beredar. jumlah uang yang beredar dapat dipengaruhi oleh Bank Indonesia. selain dengan langsung menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar, mengatur jumlah uang yang beredar juga bisa menggunakan BI Rate. BI rate adalah instrumen dari pemerintah untuk acuan seberapa besar bunga simpanan jangka pendek, misalnya Surat Berharga Indonesia. biasanya bank-bank umum akan menaikkan atau menurunkan suku bunganya seiring dengan naik atau turunnya BI Rate. maka dari itu, saat BI Rate diturunkan, suku bunga kredit juga turun, sehingga biaya investasi ikut turun. dari sini, diharapkan investasi meningkat.

(kapitalis banget…)

kebijakan moneter juga mengatur tentang giro wajib minimum, yaitu jumlah simpanan bank umum di Bank Indonesia yang merupakan sebagian dari titipan pihak ketiga. saat ini giro wajib minimum sebesar 8 % dari titipan pihak ketiga.

kebijakan moneter juga berpengaruh dalam perdagangan internasional dengan mengendalikan tarif ekspor impor. jika tarif impor naik, dorongan untuk impor berkurang. jika tarif impor turun, dorongan untuk ipmpor bertambah dan harga barang-barang impor menjadi lebih murah.

sedikit tambahan, sekitar 95 % kapas yang digunakan sebagai produksi di Indonesia adalah hasil impor. dalam kasus ini industri katun sebagai hasil olahan kapas dalam negeri akan turun jika tarif impor naik.

satu lagi kebijakan yang dimiliki pemerintah Indonesia adalah kebijakan sektoral. kebijakan ini menitikberatkan pada satu dari sembilan sektor perekonomian di Indonesia. misalnya, di sektor pertanian pemerintah memberikan subsidi pupuk. subsidi ini diberikan agar harga pupuk murah. dengan demikian pupuk akan terdorong untuk dipakai. contoh lainnya adalah kebijakan di sektor industri. di sektor ini pemerintah membuat kebijakan kawasan ekonomi khusus. kawasan ekonomi khusus adalah kawasan yang khusus digunakan untuk pendirian industri. misalnya, kawasan industri Cilacap. kawasan ini mempunyai hak khusus, misalnya di Batam impor bahan mentah tidak terkena pajak, sehingga hal ini akan mendorong produksi di sana.

gambar : http://www.ranesi.nl/images/assets/11874427

About these ads

Komentar»

1. bocahbancar - 21 Februari 2009

Wuh..

Pewlik perekonomian kita..

Saya ajah baru diajar di semester II ini jadi belum bisa berkomentar banyak…

Salam Bocahbancar…

http://bocahbancar.wordpress.com/2009/01/25/menghapus-budaya-kkn-dimulai-dari-diri-sendiri/

2. ii - 21 Juni 2009

makasi

3. reka - 27 Juli 2009

makasi bgs bgt

4. sarlis - 26 September 2009

komentarnya:BLT jg baik tp kan untuk jangka pendek aja…dan harus berikan sosialisasi bt masyaraka nti uangx dislh gunakan…untuk jangka panjangnya ksh modal aja buat 7usaha gitu..biar g menina bobokan bangsa indonesia..

5. ussy - 12 Oktober 2009

waawww….mantap bgd…

6. hunter - 16 Oktober 2009

ak kurang tau yang jelasnya,ak gak percaya ma media semuana,,,,gak jelas,…
yang ak lihat kenyataan ja, walo indo pertumbuhannya meningkat 8%,toh juga masih banyak yang nganggur,,…
katanya indonesia tercinta…….dikasih BLT toh juga tidak tepat sasaran,… liat ja waktu da pembagian zakat atau pembagian uang masih banyak yang rela terinjak2 untuk sesuap nasi yang tidak seberapa dengan hidupnya,…marilah bertanya makmurkah kita,…anak EP se_indonesia raya tercinta,…

7. hunter - 16 Oktober 2009

,..pemerintah itu tak da sulusi, jadi yang dilakukan kebijakan semuanya adalah tindakan tp bukan solusi,…BLT contohnya, tarif restribusi contohnya,impor contohnya,.. indonesia adalah surganya dunia apapun yang ditanam pasti tumbuh subur….kenapa IMpor,…logikakan,…teman2….
dan indonesia untuk 5 tahun ke depan tidak ada optimistis buat saya,…..yoiiiiiii./…………
karena tit………………….

8. masbo - 26 Oktober 2009

tapi kita perlu mempertanyakan apakah benar dana BLT sudah tersalurkan pada yang sangat memerlukan, kebanyakan dana BLT masuk kekantong pengurus itu sendiri atau yang sudah mapan pun dapat dana BLT itu juga.dimana masyarakat kecil dapat merasakan angin segar sedangkan udara telah dikotori tangan-tangan jail seperti itu

9. Galuh - 20 November 2009

Perekonomian dan politik itu dah jd saudara.dimana ada politik pasti ada maksud ekonominya. begitu juga sebaliknya perekonomian yang berkembang adalah yang serta-merta didukung dengan poloitik dan itu emang kejam, serta butuh pengorbanan, tapi apakah iya ; yang dikorbankan itu masyarakat di NEGRI sendiri. pikirkanlah bahwa kerjamu saat ini menentukan amal mu masa depan.

10. bayu mahesa - 24 November 2009

bangsa ini sudah sangat sadar dengan apa yang terjadi dengan perekonomian pada saat ini harapan seorang warga negara ialah kemakmuran yang merata
Pertanyaannya apakah kebijakan fiskaal,moneter,maupun sektoral sudah banyak manfaatnya?apakah hal tersebut bisa membuat praktik ekonomi sudah membaik?
Jwabannya hanya ada di hati nurani para pembuat kebijakan,

11. bobby - 15 Desember 2009

bnr bgd tch …………………..
w jg ru tw smw tentang perekonomian ntu sngattttttttttt hancur bgd,mkin mundur

12. pnpm2010 - 4 Februari 2010

yang penting kebijakan itu tidak disertai denganutang luar negeri yang makin numpuk aja…tetapi kalau gak kayak gitu ya untuk perekonomian ga jalan mestinya(mungkin itu menurut aku)…yang penting segala kebijakan yang di buat pemerintah itu membuahkan hasil sesuai sasarannya dan diawasi sampai kebawah..jangan cuma gembar-gembornya diatas, dibawah semrawut

13. CHANIZZA - 14 Juni 2010

makasih banget yaw,materi!!!
Tpi tlng beri contoh yg lbh trperincih ttng kebijakan FISKAL dan MONETER yg di lakukan oleh pemerintah!!!
>>>GOOD LUCK AND GOD BLESS YOU<<<<

14. estia riny - 17 Oktober 2010

lagiii blog walking plus blajar buat siap2 cpns…eee nemu artikel oke…mksih yooo…lam knal…

15. dian - 16 Desember 2010

siip..trims infox,membantu bngt

16. nabilla - 9 Januari 2011

makasih, membantu what tgas q…

17. deny cagur - 24 Januari 2011

bisa lebih banyak lagi gag materinya ! soalnya sy butuh materi yg banyak

18. artikel sekolah - 25 Januari 2011

la iyo, yo mopo lo enak,e…?

19. M.Hairul - 9 Februari 2011

HeMzz………….!!!!!!!!!

20. anandre - 13 Februari 2011

melihat dan merasakan kondisi saat ini sangant memperihatinkan yang mana rakyat indonesia semakin tenggelam dalam jurang kemiskinan, pertanyaan???? apa rakyat tidak bisa menikmati hidup yang lebih baik lagi???? dan apa rakyat tidak bisa berkembang lebih maju lagi???? semua itu tentu bisa, tetapi sistem pemerintahlah yang membatasi hak rakyat kecil untuk mendapatkan yang lebih baik,,, pemerintah tidak mau melihat rakyatnya hidup layak dengan keluarganya…

21. yumeikochi - 16 Februari 2011

minta ijin buat jadi referensi tugas yaa :)
makasi

22. RAHEL - 23 Februari 2011

THANK’S..
Tugas Qu dPt juga i sNi.GBU

23. julia - 29 Maret 2011

minta ijin buat jadi referensi tugas ya? ? ?

24. Ahmizal BKL - 18 Mei 2011

Aku S1 Teknik ambil S2 Ekonomi,Pertama bingung setelah baca uraiannya jadi paham, Makasih Mas

25. wawan - 23 Mei 2011

tulisan seru, ilmiah, fakta dan fenomena, lihat di http://www.scribd.com/doc/53181516/MENGHITUNG-KEKUATAN-RAKYAT-UNTUK-REVOLUSI

26. Uang « syennilinggar - 12 Agustus 2011

[…] jump to navigation […]

27. Iwan Setiawan - 27 September 2011

Mksh udh membantu menyelesaikan tugasku . .

28. winda - 2 Oktober 2011

jadi contoh kebijakan fiskal apa ya?

29. batara - 14 Oktober 2011

pembangunan jalan baik bisa menampung sdm tapi setelah jalan selesai sdm berhenti coba yang bisa penggerak ekonomi jangka panjang seperti airport hotel casino supermarket itu kebijaksanan seperti lee kuan yo konon katanya dahulupernah berkata bangunlah casino andai dia sudah di kubur tapi dengan kebikjaksanaan lain berani menjilat lidah itulah pemimpin yang bijak bukan!!! biarpun pahit

30. yanni zulheva - 28 Oktober 2011

ma acih ya…atas infonya…ilmu itu akan bertambah pabila disebarluaskan or dsampaikan….oc

31. anwar - 1 November 2011

Kita harus melihat kenyataan bahwa sangat jarang suatu negara mampu berkembang dan tumbuh berkelanjutan dengan hanya mengandalkan sumber daya alam yang dimilikinya. Pengalaman banyak negara dalam menekan angka kemiskinan juga menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi—walau merupakan salah satu resep untuk mengurangi kemiskinan—tetap saja kurang efektif jika tak diimbangi kebijakan untuk mempersempit kesenjangan.

Itulah sebabnya bahwa perbaikan taraf hidup masyarakat hanya bisa dicapai dengan melakukan investasi di sektor pembangunan manusia. Karena itu, akses dan kualitas bidang pendidikan kita harus ditingkatkan. Ini harus pula sejalan dengan perbaikan akses, kualitas, dan layanan di bidang kesehatan masyarakat

32. jhony - 3 November 2011

aku mw contoh kebijaksanaan pemerintah di bidang keuangan dan perpajakan

33. jein - 1 Desember 2011

…tolong ya jelaskan kebijakan-kebijakan apa yang akan dilakukan oleh pemerintah

34. soetar - 16 Desember 2011

Perekonomian Indonesia akan meningkat sejalan dengan di eplornya SKA yang ada di perbatasan baik croud oil maupun lainya potensi Alam Indonesia belum sepenuhnya di explore sehingga Hal tsb perlunya pemikiran oleh semua komponen bangsa sehingga pada akhirnya kemakmuran dan kesejahteraan seluruh Bangsa Indonesia akan tercapai dan menjadi bangsa yg besar pada peradapan dunia.Soetar STIA-LAN program MPD

35. siti rosita - 24 Januari 2012

MAKzh y?.. atz artikel ny? sangaD mnariX! n tgaz q jd sleZAii deeeeH!.

36. dewa putu selawa - 12 Februari 2012

semuanya kebijakan pemerintah sudah sangat menyentuh masyarakat terutama blt, namun semuanya mesti ada target yg jelas, tentu mengedepankan pengawasan yg lebih ketat, sehingga bantuan tdk tumpang tindih.

37. shinta - 17 Maret 2012

pemerintah yang baik yaituu pemerintah yang setia menjalankan kebijakan yg di laksanakan hingga tuntass selesaaii bukan yg duduk berpangku tangan dan hanya banyak bicara .
NATO NO ACTION TALK ONLY !

38. H.purba - 17 Maret 2012

ketika mencoba membangun kebijakan pasti banyak harapan harapan yang digenggam oleh masyarakat. buat pemerintah, jangan sekali kau mengecewakan harapan yg terlahir dripada rakyatt. karena dri tangan rakyat lla engkau bisa berdiri tegar sperti saat ini.

39. wina - 8 April 2012

prekonomian sekaranng di indonesia semakin meningkt tingkat keburukannya,,,di mana masyarakat sekarang semakin miskin karena hanya mementingkan di rdiri sendiri,,,,,,pemerinta juga tidak menjalankan tugasnya…..

40. eta - 14 Mei 2012

terimakasih atas infonya :)
bagaimana kebijakan pemerintah mengenai kualitas pendidikan?masih byk sekolah yg tdk layak pakai, sedangkan alokasi anggaran pendidikan sekitar 22%?terimakasih :)

41. njong andre - 20 Juli 2012

coba anda uraikan kebijakan yang tidak tepat sasaran dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi kebijakan sehingga kurang efektif.

42. kredit tanpa agunan - 1 Juli 2013

Semoga kebijakan-kebijakan pemerintah mengenai perekonomian di Indonesia lebih mementingkan perekonomian menengah ke bawah

43. putry - 23 Oktober 2013

thanks info na,,,
materi pembelajran saya dkmpus tentang manajemen pemasaran

44. umar - 23 Desember 2013

sistem pemerintah tentang perekonomian sangat mengecewakan…??katanya negara pancasila ternyata itu semua cuma sekedar slogan belaka

45. Agus Supratmanto - 9 Januari 2014

memang benar sistem perekonomian kita masih belum berjalan semaksimal mungkin, tetapi pemerintah sedang mencari cara terbaik untuk melaksanakannya.
sekedar bertanya nih. Bila terjadi inflasi apa yang dilakukan pemerintah dalam APBN?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: