jump to navigation

Faktor Lingkungan Pemasaran yang Mendukung Acer dalam Menguasai Pasar Laptop di Indonesia dan Bagaimana Cara Acer Mengelola Informasi Pemasarannya 10 September 2008

Posted by Sony in Yang serius-serius.
trackback
Acer Gemstone Notebook

Acer Gemstone Notebook

Dalam menguasai pasar di Indonesia, pastilah Acer mempunyai beberapa faktor yang mendukung. Di antaranya adalah faktor lingkungan pemasaran. Lingkungan pemasaran dapat dibagi menjadi dua, yaitu lingkungan mikro dan lingkungan makro perusahaan.
Lingkungan mikro perusahaan adalah pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya. Ada enam faktor yang ada dalam lingkungan mikro perusahaan.
Yang pertama adalah perusahaan. Semua bagian internal perusahaan harus dapat bekerja sama dengan harmonis agar tujuan perusahaan tercapai. Kondisi internal Acer memang sulit diketahui publik karena tidak ada pemberitaan tentangnya. Namun, melihat kenyataan bahwa tidak ada pemberitaan buruk mengenai kondisi internal Acer, dapat disimpulkan bahwa Acer telah berhasil menerapkan sistem yang mendukung lingkungan kerja yang harmonis di dalam perusahaan.
Yang kedua adalah pemasok. Acer sangat bergantung kepada pemasok dalam mengembangkan produknya karena produk-produk Acer adalah produk berupa komputer yang di dalamnya terdapat berbagai komponen. Salah satu yang paling utama adalah prosesor. Dalam hal ini hubungan Acer dengan pemasok prosesornya, yaitu Intel sangat baik. Acer merespon dengan cepat saat Intel mengeluarkan produk baru. Dampaknya, produk-produk Acer menjadi produk-produk yang up to date. Hal ini sangat mendukung Acer dalam persaingan pasar laptop yang berkembang dengan sangat cepat.
Yang ketiga adalah perantara pemasaran. Perantara pemasaran memegang peran penting dalam pemasaran karena merekalah yang mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk ke pembeli akhir. Salah satu perantara pemasaran Acer yang terkenal adalah Harrisma. Harrisma sebagai toko komputer yang besar dan terkenal sangat menunjang penjualan produk-produk Acer. Meskipun begitu, Acer tidak hanya dijual di Harrisma. Hampir di setiap toko komputer dapat kita jumpai produk Acer. Hal ini menandakan Acer berhasil mencari dan bermitra dengan perantara-perantara pemasarannya dengan baik.
Yang keempat adalah pelanggan. Acer memfokuskan produksinya untuk memenuhi permintaan pasar konsumen, yaitu pasar yang membeli barang dan jasa untuk kepentingan pribadi. Acer membagi segmentasi pasar untuk produknya menjadi 3 berdasarkan harga. Value adalah segmentasi untuk pasar yang mementingkan harga yang terjangkau. Mainstream adalah segmentasi untuk pasar yang berisi pelaku bisnis yang membutuhkan tampilan yang mewah. Premium adalah segmentasi untuk pasar yang menggunakan laptop untuk entertainment dan pendukung gaya hidup, sehingga fitur yang mereka butuhkan adalah fitur-fitur tingkat tinggi yang dikompensasi dengan harga yang mahal.
Yang kelima adalah pesaing. Di pasar laptop Indonesia Acer memiliki beberapa pesaing. Di antaranya Toshiba dan Axioo. Keduanya juga dikenal meiliki produk yang berkualitas. Namun, Acer berhasil mengungguli mereka dalam hal harga dan desain produk. Konsumen Acer mendapatkan nilai yang tinggi jika dibandingkan dengan harga yang harus mereka bayar untuk membeli produk-produknya. Dalam segi desain produk, Ace mempunyai desain inovatif yang berbeda dari produk laptop biasa yang memberikan keunikan dalam produk-produknya.
Yang keenam adalah masyarakat. Acer mempunyai beberapa program berbasis masyarakat. Di antaranya adalah kompetisi blog yang terbuka untuk mahasiswa dan dosen. Dengan mengadakan event-event seperti ini masyarakat akan lebih mengenal Acer dan citra Acer akan membaik di kalangan masyarakat. Dengan demikian otomatis penjualan juga akan meningkat.
Acer berhasil mengoptimalkan lingkungan mikro untuk mendukung mereka menguasai pasar laptop. Selanjutnya adalah lingkungan makro. Lingkungan makro adalah kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro. Lingkungan makro perusahaan juga mempunyai enam faktor yang terdapat di dalamnya.
Yang pertama adalah lingkungan demografis. Di Indonesia saat ini masyarakat semakin melek teknologi. Mereka merasakan bahwa pengguanaan teknologi yang canggih dan modern akan memudahkan mereka dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan. Banyak sistem-sistem pengajaran membuat pelajar dan mahasiswa membutuhkan adanya laptop untuk kemudahan mereka dalam berstudi. Di lingkungan bisnis pergerakan yang serba cepat mau tak mau memaksa para pelaku bisnis untuk bisa melakukan apa yang biasanya dilakukan dengan komputer di mana saja. Misalnya, terhubung ke internet untuk mengecek e-mail atau berhubungan dengan pelanggan via messenger. Acer melihat hal ini sebagai suatu kesempatan besar untuk mengembangkan sayap bisnisnya. Seperti yang tertulis di atas, Acer, dengan slogannya ”Acer Understands” memahami apa yang dibutuhkan oleh masing-masing segmen di Indonesia. Strategi diferensiasi produk ini berjalan sangat baik di Indonesia. Hal ini terbukti dari tingginya tingkat penjualan produk laptop Acer di Indonesia.
Yang kedua adalah lingkungan ekonomi. Masyarakat Indonesia mempunyai daya beli yang beragam. Dengan kenyataan ini Acer harus memfokuskan pada kelas-kelas tertentu. Acer memberi harga sekitar 5-20 juta rupiah untuk produknya. Dilihat dari kebijakan pemberian harganya, dapat disimpulkan bahwa Acer memfokuskan diri pada kelas menengah ke atas. Kelas ini sebagian besar terdiri dari pelaku akademik dan pelaku bisnis yang membutuhkan laptop dalam kesehariannya. Bisa dikatakan Acer mengimplementsikan strategi yang tepat dalam memilih kelas untuk dijadikan target penjualannya karena laptop bukanlah barang mewah seperti perhiasan intan atau permata dan bukan juga barang murah yang siapa saja mampu membelinya.
Yang ketiga adalah lingkungan alam. Dalam segi ini tampaknya Acer kalah bersaing dengan salah satu kompetitornya, Toshiba, yang mencanangkan program Toshib peduli lingkungan dan IBM yang dipilih IDG computerworld sebagai perusahaan TI hijau (yang paling peduli terhadap masalah lingkungan). Dapat kita lihat bahwa Acer masih harus belajar dari dua kompetitornya tersebut untuk dapat membuat faktor lingkungan alam mendukung penjualan produknya.
Yang keempat adalah lingkungan teknologi. Acer justru ”bermain” di lingkungan teknologi ini. Lingkungan teknologi di Indonesia yang membutuhkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau sangat cocok dengan produk-produk Acer. Bisa dikatakan lingkungan teknologi sudah digenggam Acer dengan mantap.
Yang kelima adalah lingkungan politik. Lingkungan ini berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang mengatur aksi para pelaku bisnis. Di Indonesia produk-produk dari luar negeri seperti Acer masih diberi kebebasan dalam memasarkan dan menjual produk. Sejauh ini belum ada kabar Acer terjerat kasus terkait dengan kebijakan di Indonesia. Ini menandakan kebijakan-kebijakan di Indonesia dapat diterapkan dengan baik dan tidak terlalu merugikan Acer.
Yang keenam adalah lingkungan budaya. Di Indonesia saat ini berkembang budaya mobile, yaitu mengerjakan apa-apa yang tadinya hanya bisa dikerjakan di rumah, misalnya mendengarkan musik, mengerjakan tugas, atau browsing internet. Laptop sebagai komputer yang bisa dibawa ke mana-mana sangat menunjang hal ini. Lingkungan budaya yang membutuhkan laptop sebagai perangkatnya ini sangat mendukung Acer sebagai produsen laptop berkualitas untuk berkembang hingga akhirnya menguasai pasar laptop tiga tahun berturut-turut dari tahun 2005 hingga tahun 2007.
Bagaimana cara perusahaan seperti Acer mendapatkan informasi dari lingkungan pemasarannya ? Ada beberapa langkah yang dapat diambil.
Yang pertama adalah menilai kebutuhan informasi pemasaran. Di tahap ini Acer mencari dan memberikan informasi yang dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan pemasaran. Informasi yang dibutuhkan Acer antara lain harga pesaing, program-program pesaing, atau siapa saja pelanggan yang telah setia kepada Acer.
Yang kedua adalah mengembangkan informasi pemasaran. Di tahap ini informasi bisa dikembangkan dari data internal, intelijen pemasaran, dan riset pemasaran. Data internal menyediakan informasi penting kepada Acer, misalnya siapa pelanggan paling setia atau produk apa yang laku paling keras di pasar. Intelijen pemasaran memberikan informasi tentang pesaing dan kondisi pasar. Acer mencari tahu bagaimana kinerja pesaing mereka dan apa saja yang telah mereka lakukan dalam memuaskan pelanggan, sehingga Acer dapat melakukan perlawanan terhadap strategi pesaingnya itu. Riset pemasaran adalah desain, kumpulan, analisis, dan laporan sistematis tentang data yang brehubungan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi suatu organisasi. Acer melakukan riset untuk mengetahui kondisi pasar dan bagaimana posisi Acer di pasar laptop saat ini.
Yang ketiga adalah mendistribusikan dan menggunakan informasi pemasaran. Dengan informasi yang didapat dari riset pasar, Acer mengerti apa yang diinginkan pasar Indonesia, yaitu laptop dengan harga murah dengan fitur yang sepadan. Acer pun menanggapinya dengan membuat laptop sesuai dengan kehendak pasar. Selain itu, dengan mengetahui bahwa Acer adalah pemimpin pasar laptop, Acer dapat menggunakan fakta ini untuk mempromosikan dan menarik perhatian pasar potensial untuk membeli produknya.

Referensi :
Kotler, P. dan Armstrong G. 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Edisi 12 jilid 1
http://www.insideit.wordpress.com/2008/02/
acer.com/about/news.asp
http://www.core77.com/bullitts/2004/07/smart-design-aspire-1800-abd-travelmate-3200.asp

gizmodo.com/assets/resources/2007/05/Acer%204.jpg

(sebenarnya ini tugas kuliahku, he2 xD)

About these ads

Komentar»

1. kawan - 21 Juli 2009

salut deh buat yg ngrjakan tgs. smgt!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: